My Ticket #
Menu My Ticket merupakan penghimpun dari beberapa subset menu yang berkaitan dengan Ticket List, My Profile, dan New Ticket. Diantaranya sebagai berikut:
Ticket List #
Untuk melihat informasi ticket pengguna (list pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen), pada halaman dashboard klik menu My Ticket seperti gambar dibawah ini.
Terdapat beberapa fitur seperti search, filter, sort by, dan list action dalam menampilkan ticket pengguna. Kemudian, terdapat tabel dengan 6 kolom yang nantinya akan memuat informasi seperti ID, Status, Subject, Category, Date Created, Date Updated.
- ID, memuat value berupa nomor integer dari suatu row baris data dalam satu ticket pengguna (pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen)
- Status, memuat informasi berupa apakah ticket ticket pengguna tersebut telah berstatus closed (pekerjaan sudah diselesaikan), awaiting customer reply (menunggu balasan terkait pekerjaan selanjutnya), atau open (pekerjaan belum dibaca atau belum mendapatkan feedback).
- Subject, memuat informasi berupa judul ticket.
- Category, memuat informasi berupa departemen ataupun kategori mana yang menerima ticket tersebut.
- Date Created, memuat informasi berupa ticket tersebut kapan dibuat.
- Date Updated, memuat informasi berupa ticket tersebut kapan diubah / di-update.
Search Ticket #
Pengguna dapat melihat dan mencari data ticket pengguna (pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen) secara spesifik mengunakan fitur search sesuai dengan kebutuhan.
Filtering Ticket #
Pengguna dapat melihat dan mencari data ticket pengguna (list pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen) dalam menentukan pekerjaan mana yang belum diselesaikan (unresolved) dan sudah diselesaikan (closed) gunakanlah fitur filter.
Sort By Ticket #
Pengguna dapat melihat data ticket pengguna (list pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen) dalam mengurutkan berdasarkan kolom tabel data ticket (ID, Status, Subject, Category, Date Created, dan Date Updated) secara ascending (mengurutkan dengan memulai dari data awal) dan descending (mengurutkan dengan memulai dari data awal). Gunakanlah fitur sort by dan lakukanlah sort by sesuai dengan kebutuhan.
Reply & Rating Ticket #
Untuk melihat detail ataupun membalas suatu ticket (pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen), pengguna dapat mengklik baris dari data tabel tersebut.
Pada halaman ini, pengguna dapat saling membalas pesan dan bagi sang pengirim ticket dapat memberikan rating penilaian atas kinerja pekerjaan yang diberikan ataupun menutup ticket menjadi status closed (pekerjaan telah selesai dikerjakan). Langkah-langkah untuk menutup ticket menjadi status closed adalah sebagai berikut:
- klik tombol seperti pada gambar berikut:
- dan setelahnya, maka akan terdapat pemberian rating penilaian atas kinerja pekerjaan yang telah diberikan seperti pada gambar berikut:
Export My Ticket #
Pengguna dapat mengekspor ticket yang ada pada menu my ticket (list pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen). Lakukanlah List Actions seperti yang ada pada gambar berikut, lalu pilihlah Export.
My Profile #
Pada menu ini, berisikan Nama, Nomor Induk Karyawan (NIK), dan departemen pengguna. Masing – masing data tersebut dapat diubah dan disimpan sesuai dengan data pengguna.
New Ticket #
Pada subset menu ini, sebenarnya penggunaan dan kegunaannya sama seperti pada bagan Menu Open Ticket. Hanya saja subset menu ini terdapat dalam menu My Ticket dikarenakan untuk memudahkan mobilitas pengguna agar tidak back atau kembali melalui browser.
Open Ticket #
Menu Open Ticket merupakan sebuah menu untuk mengirimkan request pekerjaan kepada divisi yang ingin dituju. Menu ini berupa form pengajuan ticket dengan beberapa hal yang harus diisi, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Pada halaman dashboard klik menu Open Ticket seperti gambar dibawah ini.
- Setelah menu Open Ticket di-klik, maka tampilan akan seperti berikut
- Silahkan untuk mengisi Subject pada kolom yang disediakan yang berisi deskripsi singkat mengenai ticket/pekerjaan yang diajukan.
- Mengisi Description pada kolom yang disediakan yang berisikan mengenai deskripsi lebih lanjut dan rinci tentang ticket yang diajukan.
- Memilih Category yang sesuai dengan Ticket yang anda ajukan dengan pilihan kategori sebagai berikut:
- General
- Internal Audit – Random Stock
- Internal Audit – Stock Opname Close Store/Bazaar/Event
- ICT – Maintenance Computer/PC/Laptop
- ICT – Software and Operating System Maintenance
- ICT – Request & Development
- IC – Harga Product di bePOS
- ICT – Create & Update Mechanical Promotions
- IC – Master Product
- ICT – Infrastructure and Network
- ICT – Employee Discount Activated
- ICT – Transfer Out/In Access
- ICT – Email
- Sample Room – Pengajuan Sample
- Pengajuan pembelian bahan baku
- GA – Support driver
- GA – Maintenance Asset
- GA – Pindah ruangan / layout ruangan
- GA – Pengadaan Aset
- HR – Personalia
- HR – Payroll
- ICT – EOD bePOS
- ICT – Crew Performance
- Finance – Master Payment bePOS
- ICT – User Management bePOS
- ICT – Employee bePOS
- dsb.
- Memilih Assignee atau penerima tugas pada kolom yang disediakan.
- Mengatur Priority pada ticket yang anda ajukan dengan pilihan Low untuk pekerjaan dengan prioritas rendah, Medium dengan prioritas menengah, dan High untuk prioritas paling tinggi atau penting.
- Langkah terakhir yaitu anda perlu meng-klik 2 buah checkbox dengan persetujuan tentang memahami informasi pribadi anda seperti Nama, Alamat email, Alamat IP, dll. akan disimpan dalam database dan setuju dengan syarat dan ketentuan.
- Anda dapat langsung men-submit ticket yang anda ajukan. Tetapi jika anda ingin mengulang form ticket yang ingin anda ajukan, anda dapat mengklik tombol “Reset Form” yang tersedia.
View Ticket #
Menu View Ticket merupakan sebuah menu untuk mencari, melihat, dan menampilkan ticket pengguna (pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen). Menu ini berupa form pencarian ticket dengan melalui ID (memuat value berupa nomor integer dari suatu row baris data dalam satu ticket pengguna) dalam pencariannya. Adapun langkah-langkah untuk melihat ticket menggunakan menu View Ticket adalah sebagai berikut:
- Pada halaman dashboard klik menu View Ticket seperti gambar dibawah ini.
- Setelah menu View Ticket di-klik, maka tampilan akan seperti berikut:
Terdapat beberapa hal yang perlu diisi untuk melihat ticket pengguna (pekerjaan staff/karyawan yang dikirim atau diterima oleh departemen) yang ingin dituju.
- Silahkan untuk mengisi Ticket ID pada kolom yang disediakan lalu kemudian klik tombol “Submit”. Maka nantinya akan muncul informasi berupa ticket pengguna yang kita tuju.
Feedback #
Menu Feedback merupakan sebuah menu untuk menampilkan umpan balik ataupun review dari ticket yang telah selesai ataupun yang sudah closed dengan menampilkan beberapa informasi, diantaranya adalah nomor ticket, nama customer yang mengajukan tiket, rating yang diberikan oleh customer dengan kinerja atau hasil dari ticker tersebut, feedback atau umpan balik dari customer terhadap ticket yang diajukan, dan tanggal customer memberikan feedback.
Pada menu ini anda dapat mem-filter feedback yang ingin anda lihat berdasarkan rating nya dengan menekan tombol “all rating” pada bagian kiri atas dan memilih feedback dengan rating apa yang ingin anda lihat.
Written by: Dhimaz Purnama Adjhi